KESIMPULAN DAN REFPLEKSI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA


Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat pagi, Salam Guru Penggerak.

Saya Fadly Firmansyah CGP dari kabupaten Garut.

Hari ini saya akan memaparkan tentang Sintesis Materi Modul satu guru penggerak. Sebelum Mempelajari Modul selama ini disekolah saya mengajarkan siswa terlalu berfokus pada kurikulum  sesuai dengan kompetensi pendidikan dan mengaitkan pendidikan dengan karakter agar siswa berkarakter.

Jadi selamai ini saya mengajar terhadap siswa saya melihat materi lalu mengajarnya kemudian saya mengaitkannya dengan penguatan karakter agar anak dapat menghubungkan materi dengan karakter mereka.

Setelah saya mengikuti Guru Penggerak  akhirnya saya mengetahui pemikiran KI HADJAR DEWANTARA tentang dasar pendidikan yaitu

1.    yang pertama Tukang kebun kehidupan, dimana guru adalah tukang kebun kehidupan dan siswa adalah benih-benhi yang akan ditanam

2.    yang kedua adalah budi pekerti, dimana guru harus membuatkan cipta, rasa dan  karsa dalam tindakan sehingga anak berbudi pekerti

3.    yang ketiga bermain, guru dan anak didalam mengikuti pembelajaran dikelas  sehingga mereka meras sedang bermain bersama

4.    yang ke empat berpihak pada anak, dimana guru mengajarkan anak sesuai dengan karaketeristik mereka

setelah mempelajari modul saya menyadari bahwa siswa adalah prioritas utama dlm pendidikan oleh karena itu guru harus berhamba pada siswa. Selama ini, selama saya mengajar disekolah mungkin masih kurang untuk perhatiannya kepada siswa karena saya selalu meminta bantuan orang tua. Setelah ini saya berharap dan akan berusaha mendekatkan diri dengan siswa lagi.

Penerapan pemikiran KI HADJAR DEWANTARA saya akan membimbing siswa agar lebih mandiri dalam pembelajaran daring misalnya mereka mandiri dalam mengisi daftar hadir atau absen, mengerjakan penilaian atau tugas harian tanpa bantuan orang tua mereka kemudian Saya akan memotivasi mereka dan memeberikan contoh kemandirian sehingga mereka lebih mandiri lagi.

Sekian pemaparan saya. Terimakasih. Wassalamualaikum wr wb

 

Komentar